Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

ADA YANG BULAT TAPI BUKAN TEKADDD!!! Melihat Proses Pembuatan Telur Asin

Selasa, 12 September 2023 Praja IPDN melakukan kunjungan ke  salah satu UMKM pembuatan telur asin di desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta. Kunjungan ini merupakan  salah satu program kerja yang menjadi fokus pada pelaksanaan Bhakti Karya Praja di Kabupaten Purwakarta sesuai arahan Bupati  kabupaten Purwakarta untuk membantu memajukan UMKM setempat. Pada kunjungan ini praja diajarkan dan langsung mempraktekkan cara pembuatan telur asin yang di bimbing  langsung oleh Pak Ahmad  pemilik UMKM telur asin yang berada di desa karangmukti. Proses pembuatan telur asin ini dimulai dari pemilihan telur bebek yang di ambil dari peternakan lokal. Pak Ahmad mengatakan harus selektif memilih telur  agar kualitas telur asin yang hasilkan juga bagus.  Telur-telur ini kemudian dicuci dengan hati-hati dan dibiarkan mengering secara alami. Pak Ahmad memiliki resep rahasia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi dalam keluarganya. Dia mencelupkan telur-telur tersebut dalam campuran garam, tanah berserta abu. Direndam selama 10 hari, proses perendaman ini adalah langkah penting dalam menciptakan rasa yang gurih dan tekstur yang sempurna . Setelah direndam kemudian dicuci bersih dan terakhir  di rebus kurang lebih selama 3 jam. Telur asin buatan Pak Ahmad ini tidak kalah enaknya dibandingkan dengan telur asin dari daerah lain dengan keunggulan kualitas telur yang dipakai dan resep rahasia yang digunakan tentunya menjadi kelebihan tersendiri dari telur asin buatan Pak Ahmad. Untuk saat ini pemasaran telur asin Pak Ahmad masih terbatas pada lingkungan sekitar desa karangmukti  sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu pemasaran telur asin.  Melalui Webdesaku yang terigterasi dengan   aplikasi Ogan Lopian  yang dikelola oleh pemerintah kabupaten  Purwakarta , Pelaku UMKM  bisa memasarkan produk UMKM mereka secara gratis dan juga masyarakat bisa mengakses produk lokal dengan mudah.  

ASIEK!!!!!!! Bantuan Langsung Tunai dari Pemerintah untuk Kepedulian Mayarakat

BERITA TERKINI: Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Warga Desa Karangmukti Desa Karangmukti, 8 September 2023 - Menindak Lanjuti Keputusan Pemerintah Republik Indonesia c.q Kementrian Sosial Republik Indonesia. Hari ini, Pemerintah Desa Karangmukti menggelar acara penting dalam upaya mengurangi kesenjangan. Acara tersebut adalah pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga desa yang terdampak secara ekonomi.  Pembagian BLT ini merupakan salah satu langkah konkret yang diambil oleh pemerintah desa dalam rangka membantu masyarakatnya yang merasa kesulitan secara ekonomi. Dalam acara yang berlangsung di aula desa, Kepala Desa Karangmukti, Bapak Endin Junaidi didampingi oleh Para Praja IPDN dan seluruh anggota BPD (Badan Perwakilan Desa) dan petugas pemerintah desa lainnya, secara simbolis membagikan BLT kepada puluhan warga desa yang telah terdaftar. BLT yang diberikan diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi mereka selama masa sulit ini. Acara pembagian BLT ini menjadi momen yang mengharukan, di mana solidaritas dan kepedulian antarwarga desa terlihat begitu kuat. Semoga bantuan ini dapat membantu masyarakat Desa Karangmukti mengatasi tantangan ekonomi yang dihadapi dan melalui kerja sama bersama-sama, mereka dapat melewati masa sulit ini dengan lebih baik.

Aksi Jumat Bersih , Praja IPDN Bersama Perangkat Desa Karangmukti

KARANGMUKTI,8 September 2023 - Para praja IPDN yang sedang melaksanakan BKP(Bhakti Karya Praja) di desa Karangmukti hari ini melakukan aksi Jumat Bersih yang luar biasa dengan dukungan penuh dari perangkat desa setempat. Selain Perangkat Desa aksi ini juga di ikuti oleh Babinsa dan masyarakat sekitar Karang Mukti  Aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan dan berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Pagi tadi, praja ipdn dan perangkat desa Karangmukti berkumpul sekitar jalan raya utama desa karangmukti dan gang TPU Rw 004 dengan semangat tinggi. Mereka membawa alat pembersih seperti sapu, cangkul, dan kantong plastik untuk memulai aksi Jumat Bersih mereka. Selama beberapa jam, para praja IPDN dan perangkat desa bekerja sama membersihkan jalan-jalan, dan sungai-sungai kecil yang mengelilingi desa. Mereka mengumpulkan sampah plastik dan sampah organik, serta membersihkan saluran air yang tersumbat. Aksi Jumat Bersih para praja IPDN bersama perangkat desa Karangmukti ini merupakan contoh konkret dari kolaborasi antara generasi muda dan pemerintah lokal dalam menjaga kelestarian lingkungan. Semoga inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk mengambil tindakan serupa dalam menjaga kebersihan dan keindahan bumi kita. #karangmuktisajati #bungursarinyari #purwakartaistimewa #jabarjuara #indonesiamaju

Peresmian Pos Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

KARANGMUKTI - Pos pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak telah diresmikan oleh Kepala Desa Karangmukti pada Rabu (06/09). Peresmian tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Karangmukti dan didampingi oleh manager Yayasan Care Peduli (salah satu CSR di Desa Karangmukti) dan perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta, serta disaksikan oleh Aparatur Pemerintah Desa, Babinsa dan para anggota JEKATA.  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan hukum pada korban kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang sebelumnya telah direncanakan oleh ibu Awalia Murtiana selaku manager Yayasan Care Peduli. Dalam sambutannya, Bapak Kepala Desa Karangmukti H.Endin Jaenudin, S.M menyampaikan dan menyetujui tentang keberadaan pos pengaduan dan bantuan hukum terhadap korban KDRT ataupun kekerasan pada anak.

Wooow......BUM Desa Mekar Sajati Karangmukti jadi juara

KARANGMUKTI – BUM Desa Mekar Sajati Karangmukti menjadi nominator pada Lomba BUM Desa Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2022. Penilaian lapangan dilaksanakan di Aula Desa Karangmukti pada Kamis (17/11/22) dengan tim penilai terdiri dari unsur  DPM Desa Kabupaten Purwakarta dan Tenaga Ahli Pendamping Desa. Tujuan diselenggarakannya lomba ini disamping mendorong tumbuhnya kompetisi yang sehat antar BUM Desa se Kabupaten Purwakarta, tetapi juga disertakan sebagai kegiatan pembinaan BUM Desa. Kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh Pengurus BUMDesa Mekar Sajati Karangmukti. seluruh stakeholder terkait melaksanakan persiapan secara kompak. Mengutip wawancara dengan  H Endin Jaenudin Kepala Desa Karangmukti menyampaikan apresiasi dengan dilaksanakannya Loma BUM Desa Tingkat Kabupaten Purwakarta pada Tahun 2022. “Saya mendukung kegiatan ini karena sangat baik untuk meningkatkan kualitas kinerja para pengurus BUM Desa Mekar Sajati Karangmukti.” lanjutnya. Diwawancara secara terpisah Atjim Direktur BUM Desa Mekar Sajati Karangmukti menambahkan dapat meningkatkan PA Desa dari BUM Desa “Dengan adanya kegiatan ini kedepannya kita menjadi termotivasi untuk PA Desa dari BUM Desa dapat ditingkatkan lagi.” ujarnya. Selain dari kepengurusan BUMDesa beserta jajaran nya, kegiatan ini juga dibantu Staf Desa, Pendamping Desa, dan juga Patriot Desa agar acara tersebut bejalan dengan baik dan mengaharapkan hasil yang maksimal. Setelah selesai acara M Sadili Bendahara BUMDesa mengatakan merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut kerena kekurangan-kekurangan dalam pengadminitrasian BUM Desa dapat diperbaiki.  “Alahamdullilah saya pribadi sangat terbantu untuk menjadi lebih baik lagi dalam pengadminitrasian BUM Desa ” lanjutnya. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan etos dan kinerja para pengurus BUMDesa Mekar Sajati Karangmukti agar setiap pengurus dan anggota BUMDesa dapat menjalankan tugas nya secara makimal untuk meningkatkan PADS yang lebih besar dan juga kegiatan tersebut dapat dilaksankan secara berkala. UsepSuparman