Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Ambyaaaarrrr!!! Semarakan HUT Kemerdekaan RI ke 77, Desa Karangmukti Selenggarakan Gubyag Situ Jaya Laksana dan Pesta Ra

Ambyaaaarrrr!!! Semarakan HUT Kemerdekaan RI ke 77, Desa Karangmukti Selenggarakan Gubyag Situ Jaya Laksana dan Pesta Ra

PURWAKARTA - Pemerintah Desa Karangmukti menyelenggarakan kegiatan Gubyag SItu Jaya Laksana Desa Karangmukti pada Minggu (14/08). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian memerihakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Desa Karangmukti. 

Gubyag Situ Jaya Laksana merupakan tradisi lama yang ada di Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. Kegiatan ini berupa menangkap ikan secara beramai-ramai yang dalam Bahasa Sunda diistilahkan "Ngagubyag" dimana Situ Jaya Laksana terlebih dahulu ditanami dengan berbagai jenis ikan oleh penyelenggara. Kepala Desa Karangmukti H Endin Jaenudin turut menuturkan bahwa kegiatan Gubyag Situ Jaya Laksana adalah pesta rakyat bagi warga Desa Karangmukti. "Benar, ini adalah pesta rakyat yang terbuka untuk siapa saja yang senang menangkap ikan. Apalagi sudah 2 tahun kita ini Covid-19, ya warga butuh untuk hiburan apalagi ini bulan kemerdekaan" kata beliau. 


Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga merupakan Mantan Kepala Desa Karangmukti Atjim menyampaikan bahwa tidak hanya yang menangkap ikan saja yang memasuki kawasan Situ Jaya Laksana. Ketika gelaran gubyag situ dilaksanakan biasanya masyarakat umum juga turut serta, sekedar untuk menonton ataupun membeli ikan untuk dibakar dan disantap bersama sanak keluarga. "Ini akan ramai sekali, ada yang nangkap ikan. Itu keluarga saya juga bawa tikar dan bekal, tidak menangkap ikan tapi menjadi seperti piknik keluarga sambil nonton yang gubyag" pungkasnya.

Disisi lain, masyarakat Desa Karangmukti sangat mengapresiapa adanya gelaran ini. Uu Talim salah satu peserta yang turut menangkap ikan dalam gelaran tersebut merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Terlebih Uu Talim mendapatkan salah satu ikan yang diberi pita merah putih dan langsung mendapatkan hadiah uang tunai dari Kepala Desa Karangmukti. "Uu mah cuman dapet 1 ini teh, tapi alhamdulillah ini juga ada pitanya dapet hadia. Senang sekali sudah lama ini tidak ada gubyag di Karangmukti" tuturnya. 


Secara keseluruhan kegiatan Gubyag Situ Jaya Laksana dan Pesta Rakyat Desa Karangmukti dapat terlaksana dengan baik. Kedepan, penyelenggaraan kegiatan ini perlu untuk terus dilanjutkan mengingat gubyag situ merupakan salah satu tradisi yang harus dilestarikan. Disamping itu, Pemerintah Desa Karangmukti juga masih memiliki pekerjaan rumah untuk melakukan penataan Situ Jaya Laksana sehingga kedepan dapat digunakan untuk berbagai gelaran yang bermanfaat untuk masyarakat seperti gubyag situ ini. 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *