Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Darurat Sampah!!! Pemerintah Desa Adakan Penyuluhan kepada Warga

Darurat Sampah!!! Pemerintah Desa Adakan Penyuluhan kepada Warga

KARANGMUKTI – Saat ini masalah sampah sudah menjadi permasalah global. Berbagai persoalan ditimbulkan akibat pengelolaan sampah yang kurang baik misalnya banjir, penyakit, dan juga mengurangi keindangan pada lingkungan. Oleh sebab itu, Pemerintahan Desa Karangmukti mengadakan Penyuluhan Strategi Pengelolaan Sampah yang Sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan Melalui Pengembangan TPS 3R. Kegiatan tersebut di adakan Di Aula Desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta pada Hari Selasa (17/10/2022) yang diikuti oleh tokoh masyarakat Desa Karangmukti.

TPS-3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam dilahan sekitar TPS untuk dijual.

Mewakili Kepala Desa dalam sambutannya Endang Supardi Sekretris Desa Karangmukti menyampaikan bahwa Pemerintah Desa mendorong dan mendukung untuk menginisiasi pengembangan TPS 3R. “Kedepan mungkin kami juga akan melakukan analisis supaya ini bis akita kerjakan, dan pemerintah desa berkomitmen untuk mendukung,”ujanya.

Disisi lain Warso Wijaya yang merupakan narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa TPS 3R merupakan solusi yang cukup efektif untuk mengelola sampah di desa namun perlu adanya lahan hibah yang tersedia untuk pengembangannya. “TPS 3R ini bagus karena teknologi yang diterapkan itu tepat guna khususnya mengolah sampah organic. Namun, untuk terwujudnya TPS 3R tersebut harus ada wadah / tempat untuk pengelolaannya.” Lanjutnya. .

Masyarakat menyambut dengan antusias karena menganggap kegiata penyuluhan ini sangat positif dan dibutuhkan. Karja salah seorang masyarakat yang ikut hadir dalam penyuluhan kegiatan ini mengatakan bahwa adanya TPS 3R akan bermanfaat bagi masyarakat dan dia sangat mendukung untuk dibangunnya fasilitas ini. ”Sangat mendukung di adakan nya TPS 3R ini.” Tegasnya.

Setelah sosialisai ini, diharapkan Pengembangan TPS 3R dapat terleasisasi secepatnya di Desa Karangmukti. Peran serta Pemerintah Desa dan OPD terkait sangat diperlukan agar permasalahan sampah di Desa Karangmukti dapat segera diselesaikan.

Usep Suparman-Kaur Perencanaan,-

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *