Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Dorong Pengembangan Pariwisata, Desa Karangmukti Selenggarakan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Sadar Wisata Bagi Warga

Dorong Pengembangan Pariwisata, Desa Karangmukti Selenggarakan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Sadar Wisata Bagi Warga

KARANGMUKTI - Pemerintah Desa Karangmukti menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembentukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) kepada warga setempat..Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (14/10/2022). Turut hadir sebagai narasumber adalah pihak Bidang Pariwisata pada DInas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta. 

Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) adalah kelompok masyarakat yang dibentuk untuk memetakan, mengelola, mengorganisir, mengembangkan potensi kepariwisataan yang ada di desa. Pemerintah Desa Karangmukti dalam hal ini Kepala Desa memiliki visi untuk mewujudkan Desa Karangmukti sebagai desa wisata. oleh sebab itu, langkah awal yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangmukti adalah dengan menyelenggarakan sosialisasi terkait pengelolaan kepariwisataan bersama Disporaparbud. 

Dalam Sambutannya H Endin Jaenudin, SM Kepala Desa Karangmukti, menyampaikan bahwa untuk mewujudkan visinya perlu adanya kesadaran warga dan dukungan stakeholder terkait. "Ini adalah visi misi saya, jadi ini perlu didukung oleh semua. Warganya sadar, terus ada juga ini Pak dukungan dari Dinas pariwisata supaya kita tau jadi bagaimana kita mengerjakan ini." sambungnya. 

Selain itu, Atjim Direktur BUM Desa Mekar Sajati Karangmukti mendukung pernyataan Kepala Desa dengan kesiapan BUM Desa sebagai wadah induk pengelolaan potensi pariwisata di Desa Karangmukti. "Nanti BUM Desa akan menyusun rencana kerja salah satunya di bidang Pariwisata dengan POKDARWIS ini kita akan mengelolanya dalam bentuk unit usaha bagian dari BUM Desa Mekar Sajati Karangmukti." Tegasnya.

Disisi lain, Acep Yulimulya Kepala Bidang Kepariwisataan pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta menyampaikan bahwa POKDARWIS dibentuk dalam kerangka menumbuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat desa untuk mengelola potensi pariwisata yang ada didesanya. "POKDARWIS secara bisnis memang berada dibawan unit usaha BUM Desa, tetapi yang lebih penting adalah upaya untuk menumbuhkan kesadaran wagranya kan ini adalah potensi perekonomian juga bagi mereka. Nah POKDARWIS ini yang nanti harus berperan penting." katanya.

Pasca sosialisasi ini, selanjutnya akan diagendakan untuk pertemuan kedua yaitu pembentukan Kelompok Sadar Wisata Desa Karangmukti yang akan di tetapkan melalui Keputusan Kepala Desa dan dikuatkan dengan Keputusan Bupati pada proses lanjutannya.

 

Usep Suparman-Kaur Perencanaan,-

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *