Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

ADA YANG BULAT TAPI BUKAN TEKADDD!!! Melihat Proses Pembuatan Telur Asin

ADA YANG BULAT TAPI BUKAN TEKADDD!!! Melihat Proses Pembuatan Telur Asin

Selasa, 12 September 2023 Praja IPDN melakukan kunjungan ke  salah satu UMKM pembuatan telur asin di desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta. Kunjungan ini merupakan  salah satu program kerja yang menjadi fokus pada pelaksanaan Bhakti Karya Praja di Kabupaten Purwakarta sesuai arahan Bupati  kabupaten Purwakarta untuk membantu memajukan UMKM setempat.

Pada kunjungan ini praja diajarkan dan langsung mempraktekkan cara pembuatan telur asin yang di bimbing  langsung oleh Pak Ahmad  pemilik UMKM telur asin yang berada di desa karangmukti. Proses pembuatan telur asin ini dimulai dari pemilihan telur bebek yang di ambil dari peternakan lokal. Pak Ahmad mengatakan harus selektif memilih telur  agar kualitas telur asin yang hasilkan juga bagus.  Telur-telur ini kemudian dicuci dengan hati-hati dan dibiarkan mengering secara alami.

Pak Ahmad memiliki resep rahasia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi dalam keluarganya. Dia mencelupkan telur-telur tersebut dalam campuran garam, tanah berserta abu. Direndam selama 10 hari, proses perendaman ini adalah langkah penting dalam menciptakan rasa yang gurih dan tekstur yang sempurna . Setelah direndam kemudian dicuci bersih dan terakhir  di rebus kurang lebih selama 3 jam.

Telur asin buatan Pak Ahmad ini tidak kalah enaknya dibandingkan dengan telur asin dari daerah lain dengan keunggulan kualitas telur yang dipakai dan resep rahasia yang digunakan tentunya menjadi kelebihan tersendiri dari telur asin buatan Pak Ahmad. Untuk saat ini pemasaran telur asin Pak Ahmad masih terbatas pada lingkungan sekitar desa karangmukti  sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu pemasaran telur asin.  Melalui Webdesaku yang terigterasi dengan   aplikasi Ogan Lopian  yang dikelola oleh pemerintah kabupaten  Purwakarta , Pelaku UMKM  bisa memasarkan produk UMKM mereka secara gratis dan juga masyarakat bisa mengakses produk lokal dengan mudah.

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *